Madrasah Pembangunan UIN Jakarta


Kurikulum TK

Kurikulum Taman Kanak-kanak Madrasah Pembangunan berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Pendidikan Usia Dini dan Kurikulum Internal Taman Kanak-kanak Madrasah Pembangunan.

A. STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum Taman Kanak-kanak Madrasah Pembangunan memuat Lingkup Pengembangan, Muatan Lokal dan Pengembangan Diri, dengan rincian sebagai berikut:

KOMPONEN ALOKASI WAKTU
A. Lingkup Pengembangan
1 Pembiasaan 1 jam (60 menit) setara dengan
Akhlak karimah 2 jam pelajaran (@ 30 menit)
Sosial emosional
Kemandirian
2 Kemampuan Dasar
a. Agama Islam
b. Bahasa
c. Kognitif
d. Fisik
A. Muatan Lokal 1 jam (60 menit) setara dengan
Iqra 2 jam pelajaran (@ 30 menit)
Tahfidz alquran
Calistung
Bahasa Inggris-Arab
Menanam pohon dan merawatnya
A. Pengembangan Diri 1 jam (60 menit) setara dengan
a. Pembentukan karakter melalui 2 jam pelajaran (@ 30 menit)
pembiasaan dalam kegiatan:
1) Rutin
2) Spontan
3) Terprogram
4) Keteladanan
b. Pengembangan potensi dan ekspresi diri
1) Sesuai dengan bakat dan minat
2) Kepemimpinan dan bela Negara
3) Bidang seni


B. PENGATURAN BEBAN BELAJAR

Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar Per-hari:

Kel Pertemuan Pagi Habitual Curriculum (HC) Kegiatan Inti dan Komputer Istirahat akan Siang Pertemuan Siang
A 07.30-08.00 08.00-09.00 09.00-10.00 10.00-10.30 10.30-11.00 11.00-12.00
B 07.30-08.00 08.00-09.00 09.00-10.00 10.00-10.30 10.30-11.00 11.00-12.00