Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Belajar Daring TK MP Angkat Tema “Pakaian Penutup Auratku”.

“Mama… Aku mau sekolah. Kapan kita sekolah lagi. Aku mau pakai seragam hari ini di rumah karena aku kangen sekolah, kangen teman-teman dan ibu guru juga”. Itulah beberapa ungkapan yang disampaikan oleh Ananda Keiji kelompok B4, Amira kelompok A1, dan Gigi kelompok A2. Orang tua mereka menyampaikan hal ini kepada ibu guru sebagai bentuk rasa rindu ke sekolah. Mereka rindu belajar dan bermain dengan teman-teman dan ibu guru.

 

Wabah Covid-19 ini memberikan dampak yang sangat luar biasa pada satuan pendidikan. Untuk menekan penyebarannya, sekolah-sekolah di Indonesia melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), yaitu pembelajaran di rumah. Pembelajaran ini mengandalkan teknologi internet (daring). TK Madrasah Pembangunan juga melaksanakan kegiatan tersebut.

 

Kegiatan yang dirancang untuk PJJ TK MP lebih kepada kegiatan harian dan murojaah (mengulang) tahfizh serta mengikuti tema bulanan yang sudah dirancang oleh Kepala TK beserta dewan guru. Contohnya saja tema “Pakaian Penutup Auratku” mereka belajar menjemur dan melipat pakaian. Termasuk juga kegiatan memasak bersama, membuat hasil karya bersama, meyiram dan merawat tanaman di lingkungan rumah. Kegiatan tersebut tidak hanya dapat mengembangkan pengetahuan dan kreativitas anak tetapi juga dapat merekatkan kedekatan antar anggota keluarga, dan belajar mencintai lingkungan.

 

Selanjutnya, kegiatan tersebut dilaporkan kepada ibu guru melalui foto dan video via email dan whatsapp. Untuk kegiatan tahfidz disampaikan melalui voice note. Dewan guru akan membuat laporan setiap harinya dan tidak lupa mengingatkan kepada orang tua untuk mengirimkan hasil pekerjaannya. Nantinya hasil foto tersebut akan dibuatkan spanduk sebagai buah hasil karya usaha PJJ yang dilakukan oleh para peserta didik. 

 

Selain itu, ada juga kegiatan tatap muka dengan aplikasi zoom setiap minggunya. Kegiatan ini diharapkan bisa mengobati kerinduan peserta didik untuk bertemu ibu guru dan juga teman-teman. Kepala TK juga hadir untuk menyapa para peserta didik. Wali siswa dan peserta didik menyambutnya dengan antusias. Dalam pertemuan di aplikasi zoom adalah seputar murojaah tahfizh dan tanya jawab mengenai keseharian mereka di rumah. Tidak lupa berdoa supaya wabah Covid-19 ini cepat berlalu dan pembelajaran dapat dilakukan lagi di sekolah, bertatap muka langsung dengan ibu guru dan teman-teman. (ksa)