Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Guru TK MP Membuat Video

Pada masa pandemik Covid-19 teknologi menjadi jembatan bagi peserta didik dan guru, khususnya teknologi media pembelajaran. Dengan media ini diharapkan dapat memudahkan peserta didik mendapatkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan menumbuhkan pembiasaan. Untuk itu, guru TK MP membuat media pembelajaran dalam bentuk video. Dengan begitu, pembelajaran menjadi lebih menarik dan peserta didik tidak cepat jenuh saat belajar di rumah.

 

Video yang dibuat ada yang berbentuk animasi, mengenai kegiatan dan eksperimen sederhana, dan ada pula yang berbentuk foto/video yang digabungkan. Ada beberapa video animasi karya guru TK MP, di antaranya video animasi kegiatan berjudul “Cara Mudah Mengulang Kegiatan Tahfizh di Rumah” dibuat oleh Ibu Fathul Khairunnisa, S.Pd., “Amalan di Bulan Ramadhan” dibuat oleh Ibu Nur Sri Hayat, dan “Bermain dengan kulit Telur untuk Media Belajar Anak” dibuat oleh Ibu Kharima Shodiq Assegaf, S.Psi.   

 

             Video eksperimen sederhana yang sudah dihasilkan guru TK MP berjudul “Tumbuhan Berkeringat dan Air Berjalan Melalui Tisu” karya Ibu Neni Nasriyah, S.Pd.I. Untuk foto dan video yang digabungkan diambil dari peristiwa perayaan Hari Kartini dan Idul Fitri, yang telah dibuat dewan guru sebelumnya. Agar foto dan video lebih menarik, untuk ucapannya diedit ulang oleh Ibu Andina Saraswati, S.Pd.I. 

 

Hasil karya dewan guru kemudian diberikan kepada peserta didik dan umum untuk memudahkan peserta didik beraktivitas di rumah. Walaupun saat pandemi dan berada di rumah, dewan guru tetap berkarya demi kemajuan peserta didik TK MP khususnya dan anak bangsa umumnya. (ksa/ed.dw)