Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Sentra Cooking TK Madrasah Pembangunan

TK MP telah menggunakan metode sentra, artinya setiap harinya anak berpindah untuk mendapat pembelajaran dan mengurangi kejenuhan dengan belajar menggunakan metode konvensional atau klasikal. Terdapat 7 sentra, yaitu sentra bahan alam, sentra balok, sentra main peran, sentra persiapan, sentra seni dan kreativitas, sentra imtaq, dan sentra yang baru dibuat pada tahun ajaran ini yaitu sentra cooking.

Pembelajaran yang dikembangkan dalam sentra cooking adalah stimulasi Pengembangan motorik halus, seperti menuang air, mengaduk, memeras, dan memotong. Hal yang yang dikembangkan adalah melatih keberanian, kesabaran, dan kerjasama para peserta didik. Kegiatan memasak disesuaikan dengan tema, terdiri dari makanan dan minuman sehat yang baik bagi pertumbuhan anak usia dini serta mudah untuk mengolahnya. Misalnya saja tema Tubuhku Sehat Karunia Allah, peserta didik diminta untuk membuat jus jeruk yang diketahui jeruk adalah buah yang sehat bagi tubuh kita. Para peserta didik memeras  jeruk sendiri, yang nantinya kegiatan memeras tersebut sangat bermanfaat bagi pengembangan motorik halus yang salah satunya berguna pada persiapan pembelajaran menulis mereka.

Hasil dari kegiatan memasak yang dilakukan dengan kegiatan ini peserta didik dapat memiliki pengalaman secara langsung (hands of experience) dalam mengolah bahan makanan dan/atau minuman. Juga peserta didik dapat menikmati hasil olahannya. Dan nilai tambah lain peserta didik dapat  mempraktikkannya kembali bersama orang tua di rumah. [ksa]