Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Tema KBM TK “Wortel Makanan Sehat dan Halal Karunia Allah”

TK Madrasah Pembangunan, mengangkat sayur wortel sebagai tema kegiatan pembelajaran di bulan Januari. Para guru menjelaskan berbagai macam hal mengenai wortel. Apa itu wortel? Apa manfaatnya? Bisa dijadikan apa saja? Vitamin apa yang terkandung? Dan berbagai macam hal yang berkaitan dengan wortel. Semua sentra di TK Madrasah Pembangunan melaksanakan tema wortel tersebut dan para peserta didik terlihat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

 

Di sentra main peran, para peserta didik melakukan role play menjadi penjual dan pembeli di pasar. Ada juga yang menjadi petani wortel dan penjual jus wortel. Selain itu peserta didik diperkenalkan dengan jus wortel, sekaligus mencicipi rasanya. Di sentra bahan alam, para peserta didik diperkenalkan dengan wujud dari wortel. Mulai dari bentuknya, warnanya, dan juga teksturnya. Mereka juga menggambar dan menulis wortel, dengan media cat yang telah dibuat sendiri oleh ibu guru. 

 

Di sentra seni, para peserta didik mengisi kolase dengan membuat bentuk wortel dari plastisin, atau bentuk buah dan sayuran lain. Di sentra iman dan taqwa, mereka diperkenalkan bahwa Allah swt. Yang Maha Pencipta, mampu menciptakan apapun dengan berbagai manfaatnya. Begitu juga dengan penciptaan sayur dan buah yang baik untuk tubuh manusia. 

 

Di sentra balok, dijelaskan mengenai bangunan pasar, tempat orang melakukan transaksi jual beli. Dijelaskan juga mengenai pasar modern dan pasar tradisional dimana mereka bisa membeli sayur dan buah disana.

Para guru juga menjelaskan sayuran, buah, dan makanan sehat yang berguna bagi kesehatan manusia. Tak lupa pula menekankan perbedaan makanan halal dan haram, yaitu makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan bagi umat islam. Dengan tema kegiatan ini, diharapkan agar para peserta didik TK MP lebih memahami mengenai penciptaan wortel, sebagai makanan halal yang sangat berguna bagi tubuh, sehingga mereka dapat mulai suka mengkonsumsinya. [ksa]