Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

TK Madrasah Pembangunan : Program Sekolah Minim Sampah Plastik

TK MP telah mendapatkan Penghargaan Adiwiyata, yaitu apresiasi kepada sekolah yang telah mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup yang diberikan oleh Walikota Tangsel Ibu Hj. Airin. TK MP adalah satu-satunya TK yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Mempertahankan kepercayaan pemerintah Tangsel, Kepala TK MP menghimbau kepada orang tua dan peserta didik untuk tidak membawa makanan dan/atau minuman dengan kemasan plastik. Program minim sampah plastik sudah berjalan selama 2 tahun pelajaran. Program ini semakin kuat dengan dukungan Komite TK MP dalam pelaksanaannya.

Peserta didik diberikan pemahaman mengenai dampak buruk sampah plastik dan konsep sederhana mengurangi sampah plastik dengan cara membawa tas belanja sendiri, mengganti sedotan plastik dengan sedotan stainless, dan yang paling penting adalah selalu membersihkan lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya.

Guru TK MP, Ibu Melani menginformasikan bahwa peserta didik sangat antusias pada program ini. Pogram ini diharapkan untuk mengurangi sampah plastik yang dikhususkan dahulu di lingkungan sekolah dan berharap juga mereka mengaplikasikannya di lingkungan rumah dengan mengurangi penggunaan plastik. [ksa]